Final Breakdown Script: Production Management

Diposting oleh sintamilia Jumat, 17 September 2010 ,

Terakhir kali saya berkumpul dengan kru 89 project adalah tanggal 24 Agustus, sehari sebelum saya mudik ke Batam. Ya..ya.. saya memang mudik terlalu cepat. Toh lebaran tanggal 10 September. Agak-agak nyesel juga sih, karena sebenarnya saya ingin hadir di Breakdown Script “beneran” tanggal 25 Agustus s.d 2 September 2010.

Saya hanya bisa memantau (tsah, memantau!) dari jauh. Berkomunikasi dengan Robby bagaimana proses breakdown script. Robby juga sempat mengirim beberapa foto, untuk bahan postingan BTS. Tapi bagaimana ya, meski saya mendapat beberapa informasi yang saya perlukan, tetap saja sulit mengetiknya. Mungkin karena tidak berada di sana, jadi saya gak dapat bayangan bagaimana proses persisnya.

Apakah location manager (Lisma) geleng-geleng kepala melihat list lokasi? Apakah Art director (Yuki) dan krunya (Putu & Reza) shock melihat properti yang gila-gilaan? Apakah sutradara (Bicky) banyak berargumentasi dengan astrada-astradanya (Kiky & Steva)? Apakah mereka tertawa guling-guling? (biasanya sih gitu) Apakah departemen kamera (Fadhli, Andhika, Lutfi) banyak bicara atau banyak diam? Apa saja yang dilakukan asisten saya (Alvi)? Apakah Anang akan menikah dengan Syahrini?Huehehehe.. *garing*

Oya, sampai mana tadi?

Ah ya, sampai “saya tidak punya bayangan”.

Saya juga tidak tahu, jika saya mempublish foto-fotonya, keterangan apakah yang akan saya tulis pada setiap foto? Saya kan tidak tahu cerita di balik foto tersebut. Jadi begitulah. Saya pun tidak meng-update BTS 89 Project. Maafkanlah saya. Jadi saya tulis curhatan ini saja, dan saya publish foto-foto ini tanpa keterangan apa-apa. Heuheu. Pokoknya beginilah kira-kira suasana breakdown script.


Yang bisa saya laporkan sih, secara umum, proses breakdown script berjalan lancar dan sesuai jadwal. Meski kru suka telat, meski kadang ada yang ga dateng.

Saya juga mendapat gosip tentang kru yang cinlok saat breakdown script hari terakhir, membuat facebook berhari-hari menjadi ramai dan banyak notifikasi sampai sekarang. Untunglah pergosipan ini bisa saya ikuti, karena via online. Andai breakdown script itu bisa online, pasti saya bisa ngikutin juga *halah*

Ngomong-ngomong tentang breakdown script hari terakhir, kalau saya dengar cerita Robby sih, kayaknya itu yang paling seru. Soalnya tidak lagi membahas tentang isi naskah (bukan breakdown script dong ya, judulnya? :p), tapi tentang manajemen produksi.

Mereka membahas sedetil-detilnya tentang casting (siapa yang ngurus, mau dimana, mau berapa hari, bagaimana publikasinya, dst), Recce (siapa aja yang mencari lokasi, ke mana aja, kapan, dst), persiapan alat produksi (kamera, lampu, listrik, boomer, dll), riset visual, dan sebagainya. Wow!

Robby juga sempat menyebutkan kalau segala aspek produksi telah ia serahkan pada sang production manager, Laila. Robby sendiri sebagai produser akan fokus mengurus budgeting, funding/sponsorhip, hingga distribusi (filmnya nanti mau diputar dimana, berapa target penontonnya, bagaimana mencapai target tersebut, dst). Wow (lagi)!

Setelah lebaran, insya Allah para kru 89P akan berkumpul lagi tanggal 22 September. Selain temu kangen dan halal bihalal, tentu saja kami akan makan-makan, ngobrol-ngobrol, dan berdiskusi lagi, membahas agenda 89P selanjutnya.

Jadi, apakah agenda 89P berikutnya? Yang pasti akan sangat menarik dan ditunggu-tunggu orang-orang (bahkan yang di luar kru :D) .

So, jangan sampai ketinggalan info, segera like fan page nya, follow blog dan twitternya, jadilah bagian dari 89 Project!

See you all!

1 Responses to Final Breakdown Script: Production Management

  1. Obbye Says:
  2. Baiklah....
    Ini adalah "kebohongan publik", terlihat sangat serius! padahal aslinya kita banyak menghabiskan waktu dengan ketawa guling2...

    Apakah kita adalah sekumpulan pelawak handal, kandidat kuat pengganti Opera van java? Yeah,.. Who knows... wkwkwkwkwk

     

Posting Komentar

89P HIGHLIGHT


ShoutMix chat widget

FOLLOW US

89 PROJECT CREWs


PRODUCER

Robby Prasetyo

PRODUCTION MANAGER
Laila Ramdhini

SCRIPTWRITER SUPERVISOR
Lulu Fahrullah

SCRIPTWRITER & DIRECTOR
Bicky Perdana Putra

1st. ASSISTANCE DIRECTOR
Kiky Amalia Indria Furqon

2nd. ASSISTANCE DIRECTOR
Stevania Randalia Sembiring

DIRECTOR of PHOTOGRAPHY
Fadhli Ahmad

CAMERA DEPT. CREW
Muhammad Andhika Rahayu

CAMERA DEPT. CREW
Lutfi Muhammad

ART DIRECTOR

Yuki A. Nagarani

SET & PROPS
Reza Marza

MAKEUP & WARDROBE
Putu Ayu Andhira Santika

LOCATION & LOGISTIC MANAGER
Lisma Hardiyanti

SOUND RECORDIST
Rizky Indra Purnama

BOOMER
Immanuel Variant R.

EDITOR
Robby Prasetyo

DIRECTOR of BEHIND THE SCENE
Sintamilia Rachmawati

BEHIND THE SCENE CREW
Alvi Rahmawati

ADDITIONAL CREWs
Puput
Kasih Kisah
Ardhito Kristiono

Alam Jenuin D.
Iman Purnama

KOLOM PENDAPAT

!!! COMING UP NEXT !!!

!!! COMING UP NEXT !!!
Flickering Light casting | 1 - 3 Oktober 2010

ADMIN & KONTRIBUTOR BLOG 89 PROJECT